Jadi Youtuber Itu Gak Enak Loh! Berikut Alasannya

gazettereview

 Mungkin Kalian Berpikir Jadi Youtuber Itu Gampang & Menyenangkan Padahal Itu Salah Besar, Apalagi Kalau Kontennya Tentang Entertainment Pastinya Setiap Menulis Materi Otak Anda Akan Benar-Benar Pusing. Kalau Anda Ingin Yang Lebih Menyenangkan Mending Kalian Jadi Youtuber Gaming Saja Tapi Resikonya Ya Saingannya Banyak Sekali Karena Hampir Setiap Orang Berpikir Jika Jadi Youtuber Gaming Itu Mudah Padahal Lumayan Susah Guys, Karena Setiap Kalian Bikin Video Kaliannya Gak Boleh Jaim,Bertingkah Konyol,Harus Rame & Tentunya Harus Kocak.


 Saya Sudah Merangkum Beberapa Alasan Kenapa Jadi Youtuber Itu Gak Enak & Agak Merepotkan Kalian Juga Nantinya.

1.Nyiapin Materi Itu Gak Gampang

 Susah Banget Loh Ini Guys, Meski Udah Hafal Juga Kadang Suka Gak Nyambung Sendiri Dan Terkadang Malah Lupa Atau Grogi Dan Disini Kalian Harus Bisa Nyambungin Lagi Dengan Kata-Kata Yang Menarik Juga Agar Kualitas Videonya Itu Bagus, Kan Gak Enak Juga Kalau Penonton Malah Nontonin Kita Bengong(Sebenernya Bisa Kalian Cut Sih). Materi Yang Disampaikan Juga Harus Berbobot & Bermanfaat Bagi Penonton Dan Cara Menyampaikannya Juga Harus Menarik, Jangan Kaku Atau Bahkan Gagu wkwkwkwk.

 Kalau Bisa Kita Harus Bikin Penonton Merasa Betah Nonton Sampai Akhir Tanpa Skip Atau Bahkan Close Video, Untuk Bikin Penonton Betah Kalian Harus Bikin Sebuah Hal Yang Penting Disetiap Poinnya Agar Penonton Kalian Merasa Setiap Poinnya Itu Penting, Karena Kalau Diskip Mereka Tidak Akan Mengerti Apa Yang Kalian Sampaikan Sebab Mereka Kehilangan Satu Poin Yang Berhubungan Kebanyak Poin Lagi.

2.Harus Punya Latar Belakang Sinematografi/Punya Pengalaman

 Kalau Kalian Nanya Ini Harus Apa Enggak? Saya Bakal Jawab Harus, Kenapa??? Karena Apa Jadinya Video Tanpa Sinematografi Yang Bagus, Saya Pernah Melihat Sebuah Video Yang Memiliki Sinematografi Buruk. Dari Segi Kamera Dia Buruk,Lighting Buruk,Editing Buruk Sampai Gaya Penyampainnya Juga Bisa Dibilang Buruk. Saat Saya Lihat Ke Kolom Komentar, Isinya Apa? Sudah Jelas Dong, Hinaan & Cacian. Jadi Kalau Mau Jadi Youtuber Kalian Harus Belajar Semua Hal Teknis Tentang Pembuatan Video. Gak Harus Jago Kok, Cukup Bisa Aja. Kalian Harus Tetap Belajar Meski Sudah Mulai NgeYoutube Jadi Semacam Belajar Langsung Dipraktekan Gitu.

 Ketika Kalian Merasa Kalau Kamu Itu Bisa Maka Buatlah Video Asal Dulu Lalu Tunjukan Kepada Orang Tua Atau Orang Terdekat. Ketika Respon Mereka Positif Maka Kalian Harus Lanjut Dan Buat Banyak Video. Buatlah 2-3 Video Perminggu, Itu Juga Melatih Kalian Agar Terbiasa Didepan Kamera.

3.Perlu Modal Yang Lumayan

 Memang Sih Ada Beberapa Youtuber Yang Bilang Kalau Modal Itu Bukan Hal Utama Dalam Hal Kesuksesannya NgeYoutube Tapi Meski Bagaimanapun Kalian Harus Tetap Butuh Modal Untuk Membuat Sebuah Video Yang Berkualitas. Seperti Membeli Kamera,Lighting,Microphone Sampai Laptop Yang Memadai Untuk Editing.

 Kalian Tahu Kan Harga Kamera Itu Berapa? Mahal Banget Guys, Memang Sih Bisa Memakai Kamera Handphone Tapi Kualitas Tetap Kamera Digital Guys, Karena Fungsi Utama HP Memang Bukan Buat Merekam.

 Selain Kamera Ada Lighting, Ini Juga Penting Guys, Harga Rata-Rata Softbox Lighting Itu Kisaran 500 Ribu Tapi Kalian Bisa Memakai Kreativitas Kalian Untuk Membuat Lighting Rakitan Kalian, Modalnya Gak Sampai 100 Ribu Kok.

 Selanjutnya Adalah Microphone, Tanpa Microphone Maka Kualitas Audio Kalian Akan Buruk. Memang Sih Kalian Bisa Dubbing, Tapi Nanti Kalian Akan Susah Juga Pas Ngedit Dan Akan Menyita Banyak Waktu. Microphone Untuk Pemula Gak Harus Mahal-Mahal Kok Mungkin Cuman Dengan Dana 300-400 Ribu Kalian Bisa Membeli Microphone Eksternal Dengan Kualitas Yang Lumayan.

 Yang Terakhir Adalah Laptop. Ini Hal Yang Paling Penting Dalam NgeYoutube. Tanpa Kamera Mungkin Kalian Masih Bisa Memakai ActionCam,Tanpa Lighting Kalian Bisa Memakai Cahaya Matahari,Tanpa Microphone Kalian Bisa Dubbing. Tapi Kalau Gak Ada Laptop, Kalian Mau Ngedit Dimana? Aplikasi Edit DiHP Gak Ada Yang Sebagus Dilaptop Bahkan Aplikasi Seperti VivaVideo Atau KineMaster Masih Kurang Bagus Setelah Dirender. Harga Laptop Yang Sekiranya Pas Untuk Editing Masih Kisaran 6-8 Juta, Pilihlah Dengan Processor & VGA Yang Terbaik Agar Ngeditnya Tidak Ngelag,Proses Rendernya Cepat & Hasilnya Tidak Pecah. Untuk Soal Software Editing Mungkin Bagi Pemula Kalian Bisa Mencoba Memakai Camtasia Studio(Windows) Dan iMovie(Mac), Bagi Kalian Yang Mau Hasil Yang Lebih Profesional Lagi Kalian Bisa Memakai Adobe Premiere Pro(Windows) dan Final Cut Pro(Mac).

4.Menyita Banyak Waktu

 Jika Kalian Ingin Membuat Video Setidaknya Untuk Menulis Skrip Bisa Sampai 2 Jam. Syuting Bisa Sampai 2-3 Jam Lalu Untuk Editing Sampai 4 Jam Dan Review Hasilnya Mungkin Sekitar 1 Jam. Untuk Membuat 1 Video Yang Kisaran 5-10 Menit Mungkin Bikinnya Sampai 2 Hari Agar Kualitas Videonya Bagus.

 Kapan Waktu Terbaik Untuk Bikin Video? Jawabannya Adalah Malam Hari Karena Disaat Seperti Itu Maka Suasana Akan Sepi Dan Kita Bisa Lebih Fokus Dalam Membuat Video Tapi Kalau Jarak Rumah Kalian Dengan Tetangga Itu Rapat, Kalian Bisa Mengganggu Tetangga Dan Juga Kalau Ketika Siang Kita Masih Bekerja Dan Malam Baru Sampai Rumah, Ketika Bikin Tengah Malam Maka  Otomatis Waktu Istirahat Kita Akan Berkurang Kan. Apalagi Kalau Masih Pelajar, Tidur Diatas Jam 9 Atau 10 Itu Gak Baik Loh!. Jadi Kalau Mau Jadi Youtuber Mungkin Kalian Harus Punya 1 Ruangan Khusus Yang Kedap Suara Kan Gak Mungkin Kita Nyuruh Orang Sekitar Kita Diam Semua.

5.Mencari Software Edit Yang Cocok

 Setelah Memiliki Laptop Yang Memumpuni Maka Kalian Harus Mencari Software Edit Apa Yang Cocok Untuk Kalian. Mungkin Kalian Bisa Memilih Premiere Pro Yang Sudah Terbukti Kualitasnya Karena Sudah Dipakai Banyak Editor Dunia. Tapi Kalau Kalian Merasa Jika Interface Premiere Pro Itu Ribet & Membingungkan Maka Kalian Bisa Memakai Sony Vegas Pro, Fiturnya Hampir Sama Tinggal Bagaimana Cara Kita Mengaplikasikannya.

 Editing Yang Bagus Akan Sangat Berpengaruh Pada Video Yang Akan Dipublish Nantinya. Kalau Bisa Kalian Hilangkan Bagian Ketika Kalian Bengong Atau Ucapan "mmmm" Lalu Soal Adalah Soal Coloring, Jika Kalian Buat Video Saat Siang Hari Maka Coloring Yang Cocok Adalah Warm(Agak Oranye)Karena Dengan Coloring Itu Secara Gak Langsung Kita Menyampaikan Suasana Pada Video Tersebut. Yang Terakhir Adalah Soal Rendering, Minimal Resolusi Video Kalian Adalah 720p/1280x720 Agar Ketika Ditayangkan Di PC/Laptop Gambarnya Tidak Akan Pecah & Mengecil.

6.Mental

 Terakhir Tapi Tidak Kalah Penting, Ketika Kalian Sudah Mantab Dengan 5 Poin Diatas Maka Hal Terakhir Yang Harus Kalian Persiapkan Adalah Diri Kalian Sendiri, Apakah Kalian Siap Untuk Menerima Hinaan. Jika Didunia Nyata Saja Anda Orang Yang Tidak Suka Dikritik Dan Cepat Marah Ketika Dikomentari Yang Negatif Maka Kalian Harus Latihan Untuk Bisa Mengontrol Itu Semua, Karena Di Youtube Ini Segala Tipe Orang Akan Bermunculan. Haters Adalah Orang Yang Menyebabkan Banyak Youtuber Mundur Karena Dia Langsung Percaya Dengan Komentar Haters Tersebut. Padahal Ada Komen Positif Divideonya, Kenapa Cuman Negatif Yang Diambil? Kebanyakan Orang Sih Begitu.

 Kalian Harus Siap Dengan Segala Komentar Yang Masuk, Jangan Cepat Emosi & Jangan Cepat Terpengaruh.




     Setelah Kalian Baca Artikel Ini? Apakah Kalian Masih Ingin Menjadi Youtuber? Saya Bukannya Menghalangi Minat Kalian Untuk Menjadi Youtuber, Tapi Cuman Mau Menyampaikan Beberapa Hal Yang Mungkin Bisa Merepotkan Kalian Dalam NgeYoutube. Jadilah Youtuber Yang Baik Dan Bawa Konten Positif Ke Penonton, Jadikan Youtube Indonesia Positif Kembali Sesuai Hashtag Yang Dibuat Reza"Arap"Oktovian #MakeYoutubeIndonesiaGreatAgain

SAMPAI JUMPA DIARTIKEL SELANJUTNYA DAN JANGAN LUPA UNTUK SHARE KETEMEN-TEMEN KALIAN YANG INGIN JADI YOUTUBER YAK! MASIH MINAT GAK DIA? wkwkwkwk. GOOD READER IS A GOOD COMMENTER

1 comment:

  1. Alasan nya masuk akal gan, kebetulan saya youtuber yang mengolah video menggunakan Camtasia 9 dan persis mengalami apa yang agan tulis di atas.

    Mantaaap bro

    ReplyDelete

Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan Tanpa Sara atau Rasis

Privacy Policy. Powered by Blogger.